Perancangan Sistem Informasi Pelayanan dan Konsultasi Hukum Pada Bagian Hukum Sekretariat Daerah Kota Palembang

Authors

  • Ahmad Adib Pratama UIN Raden Fatah Palembang Author
  • Sri Rahayu UIN Raden Fatah Palembang Author

Keywords:

Pelayanan dan konsultasi hukum, Sekretariat daerah, Sistem informasi

Abstract

Bagian Hukum di Sekretariat Daerah Kota Palembang adalah salah satu unit kerja yang sangat penting dalam struktur pemerintahan kota. Bagian ini bertanggung jawab atas berbagai aspek legal dalam struktur pemerintahan kota, termasuk perancangan peraturan daerah , penyelesaian sengketa hukum dan pemberian konsultasi hukum kepada berbagai unit kerja lain dibawah naungan Sekretariat daerah sebagai tempat pelaksanaan magang. Bagian hukum menawarkan lingkungan yang dinamis dan penuh tantangan bagi para mahasiswa yang ingin memahami penerapan hukum dalam konteks pemerintahan daerah.. Dalam hal waktu, pada Bagian Hukum Sekretariat Daerah Kota Palembang pada bagian hukum sering terjadi kesulitan dalam mencari laporan yang tersimpan dalam lemari arsip, serta rentannya kerusakan laporan dikarenakan penyimpanan masih berupa fisik. Selain itu sering terjadi penumpukan data di Bagian Hukum Sekretariat Daerah Kota Palembang karena belum adanya sistem penjadwalan yang baik dalam proses pengajuan data . Berdasarkan hal tersebut maka, penulis bermaksud untuk mengembangkan aplikasi berbasis web yang membantu mengatasi permasalahan yang ada. Pengembangan aplikasi ini akan menggunakan metode OOAD.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, Reza Fahlevi, and Novrini Hasti. “Sistem Informasi Penjualan Sandal Berbasis Web.” Jurnal Teknlogi Dan Informasi, vol.8, no. 1, 2018, pp. 67-72,https://doi.org/10.34010/jati.v8i1.911.

Erawati, Wati. “Perancangan Sistem Informasi Penjualan Dengan Pendekatan Metode Waterfall.” Jurnal Media Informatika Budidarma, vol. 3, no.1, 2019,1,https://doi.org/10.30865/mib.v3il.987.

Hakim, Fitro Nur, and Achmad Solechan. “Perancangan Sistem Informasi Penjualan Online Pada Ukm Industri Monel Desa Kriyan Jepara.” Jurnal Informatika Upgris, vol. 3, no. 1, 2017,https://doi.org/10.26877/jiu.v3il.1327

Hasanuddin, H. Sistem informasi keuangan dengan metode object oriented analisys design. Technologia: Jurnal Ilmiah, 7(2), 2016.

Michael, P. Barriers and Gaps Affecting Health in Low and Middle-Income Countries: Policy White paper. The Earth Institute Colombia University, 2010.

Maulana, Adit Bagas, et al. Perancangan Sistem Informasi Umkm Berbasis.

no. 2, 1985, pp. 8122-28.

Nurcholik, Arif, et al. “Sistem Informasi Umkm Diskoperindag Kota Magelang Berbasis Web.” Jurnal TRANSFORMASI, vol. Vol. 13 No, no. 1, 2017, pp. 1-9.

P. Sari, D. A. Retnosari, and N. Astuti, “Aplikasi Sistem Pengolahan Data Pegawai Pada Kantor Kelurahan Sukamulya Kabupaten Tangerang,” Semin. Nas. Teknol. Inf. dan Multimed., pp. 13–15, 2018.

Zaliluddin, Dadan. “ Perancangan Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web (Studi Kasus Pada Newbiestore).” INFOTECH Journa, vol. 4, no. 1, 1861, pp. 24-27.

Published

2024-06-30

Issue

Section

Articles

How to Cite

Perancangan Sistem Informasi Pelayanan dan Konsultasi Hukum Pada Bagian Hukum Sekretariat Daerah Kota Palembang. (2024). Jurnal Cakrawala Akademika, 1(1), 43-51. https://journal.temantugasmu.com/index.php/jca/article/view/6

Similar Articles

1-10 of 19

You may also start an advanced similarity search for this article.