Pengaruh Teknologi Informasi dan  Pengalaman  Terhadap Pengelolaan Keuangan Pada Usaha Mikro

Authors

  • Ridwan Effendi Politeknik Negeri Sriwijaya Author
  • Aurantia Marina Politeknik Negeri Sriwijaya Author
  • Nur Jumriantunnisah Politeknik Negeri Sriwijaya Author
  • Ahmad Zarkasih Politeknik Negeri Sriwijaya Author
  • Muhammad Zulkarnain Politeknik Negeri Sriwijaya Author

DOI:

https://doi.org/10.70182/JCA.v1i2.2

Keywords:

Pengalaman, Pengelolaan keuangan, Teknologi informasi

Abstract

Usaha mikro merupakan usaha yang banyak dilakukan oleh masyarakat saat ini. usaha mikro dilakukan karena berbagai hal, seperti minim modal, tidak memiliki kegiatan, memiliki keinginan untuk memperoleh pendapatan. Walaupun usaha mikro dianggap sangat kecil, akan tetapi bila dikelola dengan baik akan memberikan pendapatan dan dapat berkembang menjadi usaha kecil, menengah maupun usaha skala besar. untuk itu pengelolaan keuangan dapat dipengaruhin oleh berbagai hal seperti teknologi informasi dan juga pengalaman usaha. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh teknologi informasi dan pengalaman usaha terhadap pengelolaan keuangan pada usaha mikro di Kecamatan Ilir Barat Kota Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan sumber data dari kuesioner penelitian. Sementara sampel yang digunakan adalah sebanyak 30 usaha mikro yang merupakan usaha makanan dan telah mengelola keuangan dengan menggunakan teknologi informasi serta memiliki masa usaha lebih dari 5 tahun. teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda.  Hasil penelitian diperoleh bahwa teknologi informasi dan pengalaman usaha secara parsial dan simultan berpengaruh signifikan terhadap pengelolaan keuangan pada usaha mikro yang ada di Kecamatan Ilir Barat Kota Palembang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azhari, F. (2021). Peran Modal Sosial Dalam Pengembangan Jaringan. JPPM, 2(1).

Christantri, A. M. (2020). PENGARUH PENGALAMAN KEUANGAN, POLA GAYA HIDUP, DAN TOLERANSI RISIKO TERHADAP PERILAKU PENGELOLAAN KEUANGAN GURU SMA SEDERAJAT. Artikel STIE Perbanas.

Das, P. (2017). Micro, small and medium enterprises (MSME) in India: Opportunities, issues & challenges. Great Lakes Herald, 11(1), 77–88.

Firdarini, K. C. (2019). engaruh Pengalaman Usaha Dan Penggunaan Informasi Akuntansi Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah Terhadap Keberhasilan Usaha. Urnal Riset Manajemen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha Program Magister Manajemen, 6(1), 27–39.

Gumelar, A., E. (2020). ancang Bangun Cnc ( Computer Numerically Controlled ) PCB Layout Berbasis Mikrokontroler. Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika, 8(3).

Kesuma, C., Kholifah, D. N. (2019). istem Informasi Akademik Berbasis Web Pada Lkp Rejeki Cilacap. Sains Dan Manajemen, 7(1), 82–88.

Khadijah,. Purba, N. M. (2021). Analisis Pengelolaan Keuangan pada UMKM di Kota Batam. Owner Riset Dan Jurnal Akuntansi, 5(1), 51–59.

Marginingsih, R. (2021). Financial Technology (Fintech) Dalam Inklusi Keuangan Nasional di Masa Pandemi Covid-19. Akuntansi Dan Keuangan, 8(1).

Mawarni, Sekar Arum,. Nuraini, A. (2021). Pengaruh Tingkat Pendidikan, Pengalaman Kerja Dan Kompetensi Akuntansi Terhadap Kualitas Laporan Keuangan UMKM di Kota Bogor. JAKES, 9(2). https://doi.org/https://doi.org/10.37641/jiakes.v9i2.927

Megantoro, D. (2015). PENGARUH KETERAMPILAN, PENGALAMAN, KEMAMPUAN SUMBER DAYA MANUSIA TERHADAP USAHA KECIL MENENGAH (Studi Kasus di Panjangrejo, Srihardono, Pundong, Bantul Yogyakarta). Enginering.

Mustaqim, F. (2019). PENGARUH TEKNOLOGI INFORMASI, KOMPETENSI, DAN KOMPENSASI TERHADAP KINERJA PENGELOLAAN KEUANGAN PADA BADAN PENGELOLAAN KEUANGAN DAN ASSET DAERAH (BPKAD) KOTA BAUBAU. Jurnal Ilmiah Akuntansi Manajemen, 2(2).

Pituringsih, E., Asmony, T. Basuki, P. (2020). No TitleFaktor- Faktor yang mempengaruhi Pengelolaan Keuangan Usaha Kecil Menengah dan Implikasinya Terhadap Good Govemance. 2152–2166.

Purwidianti, Wida,. Mudjiyanti, R. (2016). Analisis Pengaruh Pengalaman Keuangan Dan Tingkat Pendapatan Terhadap Perilaku Keuangan Keluarga Di Kecamatan Purwokerto Timur. Benefita, 1(2).

Riyanti,. Benediicta, P. D. (2003). Kewirausahaan Dipandang dari Sudut Pandang Psikologi Kepribadian. Jakarta: Grasindo.

Rumbianingrum, Wahyu, C. W. (2018). Pengaruh Literasi Keuangan terhadap Pengelolaan Keuangan UMKM. Almana, 2(3).

Setiawan, Eko,. Andreas, R. (2013). Pengaruh Kejelasan Sasaran Angaran, Pengendalian Akuntansi dan Sistem Pelaporan terhadap Akuntabilitas Kinerja Pemerintah. Akuntansi, 2(2).

Simmons, G., Armstrong, G. Durkin, M. (2011). n exploration of small business website optimization: enablers, influencers and an assessment approach. International Small Business Journal, 29(5), 534–561.

Sulistiowati, Yayuk, A. (2023). Pengaruh penggunaan teknologi akuntansi terhadap efisiensi pengelolaan keuangan UMKM di Kota Malang. Perdagangan Industri Dan Moneter, 11(1).

Tambunan, T, T. (2019). UMKM di Indonesia. Bogor: Ghalia Indonesia.

UMKM. (2023). No Title. Retrieved from kadin website: https://kadin.id/data-dan-statistik/umkm-indonesia/

Published

2024-08-11

How to Cite

Pengaruh Teknologi Informasi dan  Pengalaman  Terhadap Pengelolaan Keuangan Pada Usaha Mikro. (2024). Jurnal Cakrawala Akademika, 1(2), 61-77. https://doi.org/10.70182/JCA.v1i2.2